Kesempatan untuk Kopi Indonesia

Saya ingin menekankan inti dari post saya sebelumnya. Jadi saya cantumkan paragraf tersebut di bawah ini.

Saya berharap pasar Internasional akan membeli kopi Indonesia langsung dari Indonesia. Kalimat tadi terasa aneh dan asing bukan? Namun, paling tidak masih ada 2 importir di Australia yang mengambil kopi “Specialty” Indonesia dari negara lain selain dari Indonesia. Saya bertemu satu orang yang mengambil kopi “Aceh Gayo” dari negeri Belanda. Dan yang satunya mengambil kopi Sulawesi dari Jepang. Coba bayangkan, kopi kita dijual ke Belanda dulu baru diambil ke Australia. Mengapa ini terjadi?

Saya tanyakan pada beliau yang membeli kopi Aceh dari belanda tersebut, apakah tidak lebih murah untuk mengambil kopi ini langsung dari Aceh? Beliau menjawab, Memang betul lebih murah. Namun kami tidak bisa mendapatkan jaminan mutu yang bagus dan konsisten. Kami siap membeli lebih mahal, bila kami dapatkan kualitas yang kami mau. Beberapa kali kami coba, namun kualitas kopi nya sama sekali tidak konsisten dari pengiriman satu ke yang lain.

Di lain kesempatan, saya bertemu beberapa orang asing yang memberikan investasi langsung kepada petani dan koperasi secara spesifik. Mereka membantu memetik buah, membuat ladang cacing untuk menggemburkan tanah, membelikan alat “depulper” dan lain sebagainya.

Inilah kesempatan kita sebagai bangsa untuk berkiprah membangun suatu industri di mana pasar dunia siap menerima produk kita. Bukan hanya siap menerima tapi membutuhkan. Lepaskan ego masing2. Coba kita bekerja sama membangun nama Indonesia yang disejajarkan dengan “Mutu dan Kualitas yang Konsisten”.

Di Indonesia ada beberapa inisiatif untuk memajukan industri ini, saya tau pasti. Saya ingin sekali mendengar pengalaman orang2 yang lain juga dan bagaimana kita bisa mengembangkan industri ini. Tolong saya minta pendapat dan rujukan dari anda, apakah yang sedang terjadi di Indonesia untuk memperbaiki ini?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s