Latihan ke-3, 4, 5 dan 6

Minggu lalu, saya belum sempat menulis jurnal latihan saya. Tapi saya coba sempatkan untuk terus melakukan cup tasting. Ternyata tidak segampang yang saya kira untuk melakukan semua ini secara konsisten.

Latihan ke-3
Teman dekat saya Sidqie datang ke rumah dengan mainan barunya. Chemex. Dia sudah lama menyukai kopi namun jarang sekali menjelajahi dunia kopi tanpa susu dan gula. Saya merasa bangga sekali waktu dia membeli Chemex dan grinder untuk menyeduh sendiri di rumah.

Sehari sebelumnya, saya mencoba kopi buatannya. Menurut saya sedikit over-extracted. Setelah berbincang, saya ajak datang ke rumah. Sekalian karena saya ingin mainan dengan Chemex nya. :)

Kita bermain dengan rasio kopi terhadap air yang sama, sekitar 55 gram kopi / liter air. Lalu kita mencoba tingkat kehalusan yang berbeda. Ada hal yang menarik yang saya temukan pada saat bermain dengan Chemex ini, yaitu seberapa lama proses menyeduh terjadi jika memakai kuantitas kopi yang berbeda. Namun atas tujuan latihan cup tasting, saya coba tulis di posting yang berbeda.

Setelah menemukan yang kurang lebih pas, saya berikan contoh tingkat kehalusan yang bisa dicoba sebagai basis supaya Sidqie bisa bermain sendiri di rumahnya.

Kemarin dia datang lagi ke rumah, bawa CoE #5 dari Rwanda. Manis !!

Latihan ke-4 dan 5

Kurang menarik untuk saya tulis. Saya hanya mencoba kopi hasil roasting saya minggu lalu. Kopi dari Brazil Daterra “Sweet Collection” dan Guatemala Finca Ceylan.

Latihan ke-6

Setelah sekian lama absen, akhirnya saya kembali lagi mengikuti public cupping di Market Lane.

Nikmat sekali kopi2nya.

Kita mencoba 6 macam kopi, di antaranya Clouds of August dari Tanzania dan kado dari Mecca Espresso di Sydney, Rwanda CoE #5 Kopakama.

Yang paling saya suka dari ke-6 kopi tersebut adalah Mecca, Rwanda CoE #5. Sangat balance dengan tingkat kemanisan yang tinggi dan asam jeruk yang gurih untuk mengimbanginya.

Ini adalah kopi yang sama dengan yang Sidqie bawa ke rumah kemarin.

 

Saya diundang cupping sampel CoE  dari Costa Rica dengan 5 Senses nanti malam. Semoga saya tidak terlalu kegirangan dan ingat untuk mengambil foto2.

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s